WELCOME MY BLOGS !!

Jumat, 22 Oktober 2010

Telepon


            Tahun 2010 merupakan tahun dimana kemajuan teknologi sangat maju diantaranya kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan teknologi, sehingga memudahkan manusia dalam melakukan interaksi dengan manusia contohnya dalam bidang komunikasi yang merupakan kebutuhan manusia dalam melakukan tukar informasi antar manusia.
            Komunikasi adalah kebutuhan manusia dalam mencari informasi baik untuk menanyakan keadaan orang lain baik yang ada di dekatnya maupun yang jauh, mencari informasi dalam hal bisnis, memberitahukan tentang keadaan suatu daerah.
             Telepon merupakan salah satu teknologi yang digunakan manusia untuk berinteraksi dengan manusia yang lainnya terutama dalam hal mencari informasi untuk kebutuhan sehari – hari.
            Telepon pertama yang dapat digunakan dihasilkan dari serentetan eksperimen di dalam telegraf. fisiologi suara di universitas Boston, Alexander Graham Bell, guru besar dalam ilmu fisiologi suara di universitas Boston, menjadi tertarik pada penyelidikan telegraf multifel. Dia menyusun ide yang disebutnya telegraf frekuensi - tinggi, alt yang mampu mengirimkan beberapa pesan secara serempak melalui sebuah kawat tunggal dengan memakai beberapa pasang baja.
            Jika sebuah tombol telegraf ditutup pada ujung pengirim, maka sebuah perpada ujung itu akan ditarik oleh ellektromagnet, arus akan terputus. Karena arus terputus, per tadi kemudiasn kembali pada posisinya semulah. Oleh karena itu, sirkuit akan tertutup lagi dan per akan tertarik akan kembali ke arah magnet llistrik. Karena aus secara bergantian terbuka dan tertutup dengan cara ini, maka per akan bergetar terus menerus pada frekuensinya yang biasa.Per akan berlaku demikian selama tombol tetap  ditekan. Arus di dalam saluran teleraf akan bergetar ada frekuensi yang sama dengan per yang bergetar karena arus akan mengalir, terhenti, dan mengalir lagi disaat per bergetar.
            Per lainakan dipasang pada pesawat penerima di ujung yang lain saluran itu. Per akan ditarik ke elektro-magnet dari penerima pada saat arus mengalir; per akan mengenting kembali sewaktu sirkuit diputuskan dan akan ditarik kembali oleh electromagnet sewaktu sirkuyit ditutup lagi. Kedua per itu akan bergetar serentak pada ujung saluran telegraf yang berlawanan.
(Anonim.Ilmu Pengetahuan Populer Teknologi.2001)       
            Dari telepon yang ditemukan oleh salah seorang ilmuan yang bernama Alexander Graham Bell, guru besar dalam ilmu  fisiologi suara di universitas Boston fisiologi suara di universitas Boston memberikan manfaat yang besar untuk perkembangan ilmu pengetahua teknologi dalam bidang komunikasi.
            Dilihat dari kegiataan sehari-hari yang dilakukan manusia dalam mencari informasi baik dikalangan pelajar, guru, orang tua maupun dari kalangan bisnis tidak lepas dari namanya telepon.
            Jadi dapat disimpulkan bahwa telepon memiliki peran yang penting bagi manusia untuk mencari informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar